SNI ISO 37122:2019

 

Semakin banyak orang yang tinggal di kota sehingga membuat tekanan dalam hal kualitas hidup dan pembangunan berkelanjutan menjadi semakin kuat. Oleh karena itu, manajemen kota cerdas adalah salah satu tugas yang paling dituntut oleh otoritas lokal atau pemerintah daerah.
 
Kota cerdas menggabungkan pembangunan yang berkelanjutan dan kualitas hidup, dengan menggunakan data dan teknologi. Standar ISO 37122 ”Kota dan Komunitas Berkelanjutan – Indikator untuk Kota Cerdas”, membantu pemerintah daerah baik kota ataupun kabupaten menjadi lebih efektif dalam hal pembangunan yang berkelanjutan. Standar baru ini, diterbitkan pada Mei 2019, menetapkan sejumlah indikator utama dan juga membuat rekomendasi untuk metode pengukuran.
 
Ide ISO 37122 sederhana: “Apa yang tidak diukur tidak dapat ditingkatkan”. Inilah sebabnya mengapa standar ini berfokus pada metodologi untuk pengukuran indikator pembangunan berkelanjutan yang lebih efektif. Apa hasilnya? Kota menerima data yang dapat dipercaya tentang keefektifannya, yang dapat dibandingkan dengan kota (internasional) lainnya. Pemerintah kota dapat menemukan solusi inovatif untuk semua jenis masalah sekarang dan masa depan dengan lebih cepat, mulai dari kelebihan penduduk, ketidakstabilan politik dan ekonomi, hingga perubahan iklim.
 
Standar baru ini merupakan bagian dari seri standar ISO 37100 untuk kota dan komunitas yang berkelanjutan. Standar ISO 37122 melengkapi standar ISO 37120: 2018 “Kota dan komunitas berkelanjutan – indikator layanan perkotaan dan kualitas hidup”. Bersama-sama mereka memberikan pendekatan yang konsisten tentang apa yang harus diukur di kota dan cara terbaik untuk melakukannya, yang mempengaruhi pembangunan sosial, ekonomi dan lingkungan yang berkelanjutan. Penting untuk dicatat bahwa ISO 37123, “Kota dan Komunitas Berkelanjutan- Indikator Kota Berkelanjutan, yang berfokus pada manajemen risiko kota, akan diterbitkan pada tahun 2020
 

 

 

Informasi tentang Indikator Kota Cerdas – SNI ISO 37122:2019 dapat dibaca pada

 

Tags

Sertifikasi |

Share